Jumat, 21 November 2008

Batik



Gw mau ngejelasin tentang batik, kya yg lo tau, skarang batik kan udh banyak tuh macem dan ragamnya, malah sampe dibentuk jadi baju yg modis, ngga kya dulu lg yg modelnya cm gitu2 aja. Nah ini dia penjelasannya.

Batik asalnya dari bahasa Jawa amba yg artinya menulis dan titik. Kata batik merujuk pd kain dengan corak yang dihasilkan oleh bahan malam (wax) yg diaplikasikan ke atas kain, sehingga menahan masuknya bahan pewarna (dye), dalam Bahasa Inggrisnya wax-resist dyeing. Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia sejak lama. Perempuan2 Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya Batik Cap yg memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian, yaitu batik pesisir yg memiliki garis maskulin seperti yg bisa dilihat pada corak Mega Mendung, dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna2 cerah seperti merah dipopulerkan oleh orang Tionghoa, yang juga mempopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna2 kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara2 adat, karena biasanya tiap corak memiliki perlambangan masing2.

Teknik membatik dikenal dari ribuan tahun yg silam. Ga ada keterangan sejarah yg jelas tentang asal usul batik. Tapi batik yg sangat terkenal di dunia adalah batik yang berasal dari Indonesia, terutama dari Jawa. Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yg sampe saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yg pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

Sekarang tentang cara pembuatan batik!


Awalnya batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yg terbuat dari kapas dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti suter, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yg diinginkan, biasanya dimulai dari warna2 muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yg telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

Itu dia smua tentang batik!
Ada yg berminat jadi pembatik handal? hehe

9 komentar:

neoanderson mengatakan...

Wess, lestarikan budaya bangsa

Rona! mengatakan...

sangatlah informatif dan patriotis sekali wa! Maju terus budaya Indonesia

sashaafterschool mengatakan...

i love batik hehehe

anggi miranda mengatakan...

wa i love batik tapi sekarang udah pasaran huh

Anonim mengatakan...

keren wa isinya.. warnanya tulisannya ganti wa biar contrast sama kebaca..

sory buru".. haha

maiblog mengatakan...

tp skarang ajh malaysia bilang batik dari sono,,padahal aseli indonesia..

Savira Zulsyika mengatakan...

hehe, makanya klo ntr pas ud gede (lulus skolah) ad yg nganggu, pada ngebatik aja, biar ga musnah batik indonesia, ud gtu batiknya di modif2 biar oke..hehe

haryoko mengatakan...

emak gw jago ngebatik loh...

melestarikan budaya eyang gw...

mantap...

Savira Zulsyika mengatakan...

hahaha yoko lucu bgt sii, lo bs ngebatik jg ga yok??hehe